Tata Cara Registrasi Mobile JKN
Tata Cara Registrasi & Masuk aplikasi Mobile JKN
Silahkan Download Mobile JKN
di :
PlayStore : https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile&pcampaignid=web_share
atau
AppStore : https://apps.apple.com/id/app/mobile-jkn/id1237601115
Tata Cara Registrasi & Masuk aplikasi Mobile JKN
• Klik Masuk/Daftar (sudut Kiri atas)
• Klik Daftar (jika Pasien baru pertama kali menggunakan aplikasi)
• Isi Form Pendaftaran Sesuai NIK pasien dan Nomor HP yang memiliki Pulsa Biasa untuk menerima SMS notifikasi dari BPJS
• setelah selesai registrasi
• Silahkan MASUK dengan NIK dan password yang sudah kita buat
tips buat password dengan format yang diterima aplikasi : Namapasien#123
Tata Cara Pendaftaran Antrean ke Puskesmas via Aplikasi Mobile JKN (Bisa Ambil Antrian Sehari sebelum nya)
1. Klik Menu Pendaftaran Pelayanan (Antrean)
2. Klik menu FKTP untuk berobat ke Puskesmas
• Klik Nama pasien yang Di rujuk
• Klik Tanggal Berkunjung (pilih sesuai tanggal mau datang)
• Klik (Pilih) Nama Dokter
• Isi Keluhan Pasien
• Klik Daftar Pelayanan
3. Perlihatkan Nomor Antrian di loket pendaftaran saat tiba di Puskesmas
Tata Cara Pendaftaran Antrean ke Rumah Sakit via Aplikasi Mobile JKN (Bisa Ambil Antrian Sampai 1 Minggu Kedepan)
1. Klik Menu Pendaftaran Pelayanan (Antrean)
2. Klik Menu FKTRL/RS untuk berobat ke RS (Jika sudah di rujuk)
• Klik Nama pasien yang Di rujuk
• Klik Tanggal Berkunjung (pilih sesuai tanggal mau datang)
• Klik (Pilih) Nama Dokter
• Klik Daftar Pelayanan
3. Perlihatkan Nomor Antrian di loket pendaftaran saat tiba di RS TUJUAN RUJUKAN
CARA LIHAT RUJUKAN di APLIKASI MOBILE JKN
1. Buka aplikasi Mobile JKN
2. Klik Info Riwayat Pelayanan
3. Cari Tanggal Kunjungan anda di FKTP saat di Rujuk
4. Klik Lihat Rujukan
Tata Cara Perubahan Faskes via Aplikasi Mobile JKN
• Klik Menu Perubahan Data Peserta
• Klik Nama Peserta yang ingin di rubah datanya
• Aktifkan GPS HP Anda
• Klik Fasilitas Tingkat I
• Jika Ingin Merubah FASKES Seluruh Anggota Keluarga Centang Perubahan Satu Keluarga
• Klik nama Provinsi
• Klik Nama Kota/Kab
• Ketik Nama Faskes yang ingin Anda pilih
Penyebab Rujukan Masih Berlaku tapi Tidak Muncul di Mobile JKN
Karena pihak RS/FKTRL belum menginput di sistem BPJS Jadwal Kontrol Anda
atau Anda tidak Datang Sesuai Jadwal yang telah di tentukan pihak RS/FKTRL
Solusi :
Melapor langsung ke RS/FKTRL kapan Bapak/ibu ingin Kontrol selanjutnya. Bukan ke Puskesmas/FKTP
Mariki Skrining Mandiri Kesehatan ta
Cara Skrining Riwayat Kesehatan via Aplikasi Mobile JKN :
- Klik Menu Lainnya
- Klik Skrining Riwayat Kesehatan
- Pilih Nomor Kartu BPJS/ Nama Pasien yang akan di Skrining (Usia 15 Tahun ke atas)
- Klik Setuju
- Isi Berat Badan & Tinggi Badan
- Isi Pendidikan terakhir
- Isi Data Keluarga yang bisa di hubungi
- Klik Selanjutnya
- Pilih salah satu jawaban sesuai Kondisi kesehatan yang pernah anda alami, untuk pertanyaan 1-15
- Klik Selanjutnya
- Pilih salah satu jawaban, Ya atau Tidak tentang Riwayat Penyakit Pribadi anda (15 pertanyaan)
- Pilih salah satu jawaban, Ya atau Tidak tentang Riwayat Penyakit dalam Keluarga anda (6 Pertanyaan)
- Pilih salah satu jawaban, Ya atau Tidak tentang Pola Konsumsi Makanan (8 pertanyaan)
- Klik Simpan dan Selesai
Akan Muncul Rekomendasi Pola Hidup Sehat & Skrining selanjutnya di Tahun depan